MENU

Jumat, 02 Desember 2011

ubuntu Smartphone, Tablet, dan SmartTV

Sebuah sistem operasi baru untuk perangkat bergerak sepertinya sedang bersiap untuk meluncur. Canonical, perusahaan di belakang distro Ubuntu Linux, dikabarkan menyebutkan akan mengumumkan rencananya masuk ke bidang perangkat bergerak. Informasi ini diperoleh dalam sebuah wawancara dengan ZDNet yang menyebutkan bahwa pengumuman ini akan dilakukan saat Ubuntu Developer Summit yang dilaksanakan di Orlando, Florida pada pekan ini.

Kehadiran Ubuntu dalam sistem operasi perangkat bergerak berarti menambah ramai jenis platform yang bermain di pasar mobile ini. Saat ini sudah terdapat Android, Symbian, MeeGo, iOS, Blackberry OS, Windows Phone, hingga Meltemi yang berebut pangsa di pasar ini. Canonical tidak secara detail menjelaskan rencana perusahaan ini untuk masuk ke smartphone. Namun perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa Ubuntu akan dibawa ke tablet hingga smart TV.
Canonical akan membuat Ubuntu versi 12.04 di tahun depan dengan versi LTE (long term support) yang ditujukan untuk komputer. Setelah itu mereka akan berfokus ke perangkat mobile meski belum ada informasi perkiraan perangkat pertama yang akan memakai sistem operasi Ubuntu mobile ini nantinya, meski sebelumnya pernah dikabarkan bahwa Canonical telah bekerja sama dengan rekanan di bidang perangkat keras dalam 18 bulan terakhir.
 
info : teknoup.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar